Ikan Unik Ditemukan di Dasar Antartika

Para ilmuwan dari University of California, Santa Cruz, menemukan seekor ikan unik di kedalaman 740 m di basic laut. Ikan ini berada di wilayah paling ekstrem didunia, tersembunyi di bawah Ross Ice Shelf yg terletak sejauh 850 km dari Antartika “Penemuan yg gemilang,” kata Slawek Tulaczyk, pakar gletser & pemimpin penelitian, seperti dikutip dari Livescience, Jumat, 23 Januari 2015. 
Benar-benar, ini mula-mula kalinya para ilmuwan menemukan biota di basic bongkahan es Antartika. Tulaczyk dengan timnnya mengebor Ross Ice memakai Whillans Ice Stream Subglacial Access Research Drilling (WISSARD). Pengeboran dilakukan sejak 8 Januari & menemukan kehidupan di bawah es terhadap Jumat, 16 Januari, di kedalaman lima derajat dibawah 0. Ikan Terbesar Di Dunia

Pengeboran di daerah Ross Ice dilakukan sejak penemuan mikroba kepada 2013. “Ikan kategori krustasea ini menambah temuan kami.” Ikan berwarna merah jejaka yg mempunyai panjang 20 sentimeter ditemukan dengan cara tidak sengaja memakai wahana nirawak basic laut. 

Temuan ikan ini terang mengejutkan Tulaczyk. Musababnya, tidak hanya mikroba, biota lain tidak dapat bisa berkukuh di ruangan bongkahan es raksasa yg tetap bergeser. Namun, dirinya menduga keahlian renang menyelamatkan ikan tersebut. 

diluar itu, kata ia, puing-puing es memberikan nutrisi yg dibutuhkan. Basic es, menurut ia, mengandung tidak sedikit plankton & tajir dapat karbon. “Khususnya sisa-sisa makhluk laut mikroskopis yg hidup sebelum Antartika membeku,” tutur Tulaczyk. 

Penemuan kehidupan di zona landasan es ini menandai akhir dari WISSARD sesudah enam diperlukan di Antartika. Ekspedisi ini yaitu salah satu eksperimen glaciological paling besar yg sempat disponsori oleh National Science Foundation.

0 Response to "Ikan Unik Ditemukan di Dasar Antartika"

Posting Komentar

wdcfawqafwef